Google Panda Adalah – Definisi, Fungsi dan Juga Manfaatnya

Jika kamu mengelola sebuah situs, belajar SEO, khususnya mengenai algoritma Google Panda adalah salah satu yang harus kamu masukkan ke dalam agenda. Pasalnya, pemahaman tentang algoritma Google ini akan sangat membantu kamu dalam menentukan dan mengeksekusi strategi SEO untuk mengoptimasi peringkat situs mu di pencarian Google.

Namun apa sebenarnya Google Panda ini?

Dan apa juga perannya sebagai algoritma Google?

Pada postingan pendek kali ini, saya akan mengajak kamu semua untuk berkenalan langsung dengan algoritma Google yang satu ini. Tertarik?

Jika iya, langsung saja simak ulasan selengkapnya yang telah saya rangkum di bawah ini.

Daftar Isi

Google Panda Adalah..?

Sumber gambar: pexels.com/Erik-Mclean

Melansir informasi dari postingan Garuda Website tentang Algoritma Panda, dijelaskan bahwa Google Panda adalah Algoritma yang merupakan pembaruan yang dilakukan Google untuk mengurangi prevalensi konten berkualitas rendah di mesin pencari dan menempatkan konten berkualitas di peringkat lebih tinggi.

Singkatnya Algoritma Google yang dirilis oleh Google pada tanggal 23 Februari 2011 memiliki tugas untuk memangkas kehadiran konten berkualitas rendah di pencarian Google dan sekaligus memberikan peringkat lebih baik untuk konten berkualitas.

Sebelum perilisan Google Panda, Google sendiri sempat merilis algoritma lainnya, bernama Google Caffeine. Alih alih meningkat performa mesin pencari Google, Google Caffeine ini justru membuat hasil penelusuran Google dipenuhi dengan banyak konten berkualitas rendah dan yang menerapkan black hat SEO.

Semakin memburuknya hasil penelusuran di Google inilah yang menjadi latar utama perilisan algoritma panda ini. Hingga hari ini sendiri, Update Google Panda adalah salah satu yang faktor yang mempengaruhi praktik optimasi SEO saat ini.

Manfaat Update Google Panda Bagi Pengguna Internet

Sumber gambar: pexels.com/Buro-Millennial

Semenjak rilisnya Google Panda sebagai salah satu algoritma Google, terdapat banyak manfaat yang dirasakan oleh pengguna dan juga content creator di Google. 

Sempat melakukan diskusi dengan Dedi Ariko, pakar SEO dan founder jasa SEO Garuda, dijelaskan bahwa terdapat beberapa manfaat paling besar dari kemunculan Google Panda ini, yaitu meliputi:

  • Google panda menjadi solusi terhadap praktik plagiarisme atau duplikat konten. Google Panda menghukum konten plagiat dengan memberikan peringkat rendah di pencarian Google, bahkan mengeluarkannya dari pencarian.
  • Google Panda menyajikan informasi yang lebih tepat, dimana hasil penelusuran yang ditampilkan sesuai dengan keyword yang digunakan oleh pengguna.
  • Memberikan pengalaman berselancar di dunia maya menjadi lebih baik, dimana penelusuran yang dilakukan menjadi lebih mudah dan akurat.

Efek Update Google Panda Untuk Praktik SEO

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa update Google Panda ini mempengaruhi praktik SEO pada hari ini. Dengan kinerja Google Panda ini, para blogger dituntut untuk lebih jeli dalam membuat konten, dimana konten yang dibuat sebaiknya mendalam dan informatif.

Selain itu, saya sendiri juga menyarankan agar anda menghindari praktik plagiarism dan black hat SEO. Pasalnya, kedua praktik ini sangat dibenci oleh Google Panda dan menyebabkan situs yang melakukannya dapat disingkirkan dari pencarian Google (deindex).

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Google Panda adalah salah satu algoritma Google yang memainkan peran penting dalam menentukan kualitas konten dan juga peringkat di SERP.

Sejarah Update Google Panda

Sumber gambar: Buca Markets Iparis

Tercatat sejak perilisannya di tahun 2011, diketahui Google Panda telah update sebanyak 10 kali. Adapun sejarah update algoritma google ini adalah sebagai berikut:

  • Update 1.0 (Perilisan di Februari 2011)
  • Update 2.0 (Update dilakukan di bulan April 2011)
  • Update 2.4 (Update atau perilisan Google Panda secara internasional di bulan Agustus 2011)
  • Update 3.0 (Update dilakukan di bulan Oktober 2011. Penambahan sinyal algoritma Panda)
  • Update 3.1 (Update dilakukan di bulan November 2011. Update ini memberikan dampak kepada 1% dari penelusuran Google).
  • Update 3.7 (Update dilakukan di tanggal 8 juni 2012. Refresh data yang mempengaruhi ranking di pencarian Google).
  • Update 4.0 (Update dilakukan di bulan mei 2014. Update besar Google Panda yang mendampak 7.5% dari hasil penelusuran Google).
  • Update 4.1 (Update dilakukan di bulan September 2014. Update ini mempengaruhi 3 hingga 5 hasil penelusuran Google).
  • Update 4.3 (Update dilakukan di bulan Juli 2015 dan merupakan update terakhir Panda).
  • Integrasi Panda ke Algoritma Inti Google (Dilakukan di bulan Januari 2016).

Untuk itulah, saya kembali menyarankan agar kamu mempelajari tentang Algoritma Google rilisan tahun 2011 ini. Semoga informasi ini cukup bermanfaat untuk kamu yang membacanya.

Jangan lupa juga untuk mengikuti artikel menarik lainnya dari Buca Markets Iparis, seputar dunia blogging, mulai dari cara membuat backlink, optimasi on page, dan lainnya. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di konten lainnya.